chat box


ShoutMix chat widget

Tuesday, March 9, 2010

Wajar sekali khok..

Semalam ketika saya iseng ber-facebookan, mata saya tertumbuk pada sebuah share-link seperti yang terlihat di bawah ini, yang diposting oleh seorang teman saya.

http://id.news.yahoo.com/dtik/20100309/tid-dipeluk-saat-kunjungan-kerja-rieke-l-7375374.html

Ketika saya membaca barisan2x komen yang berderet di bawahnya, banyak teman2xnya teman saya itu yang menyumbangkan komentar.. misalnya saja:

temannya teman saya (A) :
Oneng......oneng..!!! Jangan lebai plissss.......eneg ngedengernya.....!!


sementara saya langsung memposting komen di bawah A tersebut
:
whaa.. brarti kalo publik figur bisa seenaknya aja kita amprokin dari belakang, trus maen kita sosor aja yaahh??
hhhmm.. baru tauuu.. beruntunglah gw bukan publik figur..

kesimpulannya: gak ada perempuan (baik) yang mo seenak2nya digituin kalee.. pliisss juga dweeehh..

Entah kenapa saya merasa terusik dengan postingan temannya teman saya itu, si A (cowok) yang tidak saya kenal pastinya. Mungkin saja menurut dia tindakan Oneng memang agak lebay dan berlebihan. Tapi kalau dilihat dari berita terkait, apakah si Oneng yang marah setelah dia dipeluk dari belakang tetapi tidak ditanggapi dengan itikad baik oleh si oknum dokter tersebut dengan meminta maaf baik-baik atas segala khilaf perbuatannya itu, malah berusaha mencium Oneng kembali dengan alasan.. "TOH ANDA KHAN PUBLIK FIGUR"

Meskipun dia begitu nge-fans-nya dengan seorang Oneng yang katanya publik figur, rasanya kalo menilik dari berita terkait tetap saja gak ada pantas2xnya perbuatannya itu. Ketika itu komen saya itu ditanggapi balik dengan si A dengan kalimat seperti berikut:
JANGAN MENILAI DIRI SENDIRI TERLALU TINGGI...so.....BIASA AJA KALLEEEE...!!!

Loohh.. saya yang membaca kembali barisan tulisan milik A ini jadi agak geleng2x kepala, saya tahu dia tersinggung dengan sindiran saya.. dan mencari pembenaran dengan postingannya tersebut. Yang saya bingungkan.. coba kalau dia, si A ini bertukar tempat dan berada di posisi Oneng, apakah dia mau diperlakukan seperti itu? Apakah tidak merasa terhina dan terluka harga dirinya? Kalau kita sudah tidak bisa membela harga diri kita sendiri.. lantas siapa lagi??


Sebut saja contoh seperti ini:

Seorang istri yang tidak suka atau tidak sreg melakukan "sesuatu" seperti yang diminta oleh suaminya sendiri, dan akhirnya dipaksa oleh sang suami dengan kata2x "kamu harus mau, khan kamu istri saya." Rasanya malang sekali nasib si objek (istri) tersebut jika sebuah pembenaran sudah dilakukan untuk menutupi sebuah bentuk paksaan. Dan itulah benang merah untuk kasus Oneng ini.. Jika seseorang sudah berkata TIDAK, marah, dan keberatan melakukan sesuatu tetapi kejadian itu tetap terjadi.. berarti sebuah delik hukum sudah terjadi.

Dan jika saya di posisi Oneng, mungkin saya akan melakukan hal yang sama, kenapa tidak??
Saya bukan jajaran kaum feminis garis keras dan bukan pula fans berat dari Oneng.. hanya sekedar mengungkapkan buah pikiran saja. Bahwa hal yang dilakukan Oneng wajar terjadi, karena "tak ada asap jika tak ada api."

2 comments:

felicity said...

Hmmmm.... kayaknya masih banyak yang belum bisa ngebedain kalo public figure itu juga manusia biasa yang punya batasan2x yang harus dihormati. Mentang2x fans bukan berarti bisa seenaknya aja.

Gw sebagai rakyat jelata bakalan kesel dipegang2x ato dipeluk2x seenaknya...jangankan sama orang lain sama hubby aja kalo lagi nggak mood ato lagi konsen ngerjain sesuatu pasti bakalan bete.

Mungkin perilaku sejumlah public figure yang terkesan 'permisif' telah menodai public figure 'baik2x' lain... Gw pernah lihat program TV (yang jelas bukan di Indonesia) kalo membuat skandal yang heboh bisa jadi salah satu metode PR yang efektif buat mereka yang mau menghalalkan segala cara buat ngetop.

Yang jelas: jangan melakukan generalisasi :)

CeNuk said...

gw pas baca tuh komen temen2nya temen gw emang agak nyolot, fel.. empet buangettss..
gw taulah mana orang becanda n mana orang yg serius dengan komen2nya.. makanya bodo deh langsung posting aja di bawah dia.. :(

yaahh.. emang banyak public figur yang permisif n sensasional.. tp bener kata lo itu, kagak bisa disamaratakan. gw aja yg bukan sapa2, n kalo di bis yg penuh sesak kadang suka empet kalo ngerasa di belakang ada cowo' yang suka ngambil kesempatan dalam kesempitan, berusaha deket2 di belakang kita.. iiihhh, rasanya pengen gw semprot mukanya aja ... #W%WT^@W#$%. bueeteeee... *khok gw menggebu2 gini yak?*

Post a Comment