chat box


ShoutMix chat widget

Monday, March 22, 2010

Kenapa suka lewat jalan pintas?

foto: Inuk ketika 3 th dengan piala pertamanya, sementara saya dengan perut buncit dan muka jerawatan ketika mengandung Cembil.. hehhee..

Jalan pintas yang saya maksud bukan berarti jalan dalam arti harfiah, tapi sebuah dokumentasi memori pengalaman saya melahirkan secara sectio caesaria (SC). Yah, ketika melahirkan Inuk alias buah hati saya yang nomor 2 ini pengalaman pertama diSC saya alami. Entah kenapa dua hari nginap di RS Bersalin tidak membuat bukaan saya maju, padahal saya sudah bleeding banyak sekali selama 2 hari itu. Tapi karena saya kekeuuh ingin sekali melahirkan normal, pun dokter saya (wanita) juga mensuportnya, kita bersabar menunggu.

Hanya saja, keinginan tinggal keinginan. Ketika hari kedua akan berakhir, kondisi saya drop walau gak parah2x amat. Tekanan darah menurun, detak jantung si baby tidak terdengar kuat, dan beberapa pemeriksaan lab menunjukkan hasil yang mengkhawatirkan juga. Jadi dokter Yenni memutuskan untuk segera dilakukan operasi dalam waktu setengah jam kemudian.

Segera saya disiapkan untuk operasi dadakan ini, suntik mulas untuk menguras dengan paksa isi perut saya, cukur untuk persiapan operasi, dicekoki obat maag yang gunanya saya tidak tahu untuk apa, baju operasi dipakaikan ke badan saya, dan tibalah saat ketika saya diatas tempat tidur didorong menuju ruang operasi. Jujur saja saya takut, takut karena itu adalah pengalaman pertama saya, takut kalau tiba-tiba saja di tengah operasi saya tiba-tiba merasakan kesakitan gara2x efek obat bius sudah habis, takut ada penyulit lain2xnya ketika operasi itu berlangsung.

Dengan berkomat-kamit membaca doa kepada Allah swt saya teguhkan hati saya. Tiba di ruang operasi, segera saya dipindahkan ke meja operasi. Sekitar 5 orang dokter dan suster sudah standby menunggu kedatangan saya. Berkali-kali dokter anestesi dan suster menenangkan saya, tapi tetap saja saya ketakutan. Lebih takut ketika dokter anestesi menginstruksikan saya untuk berbaring miring dan menyuntikkan obat bius ke arah tulang epidural saya. Heeggh, bentuk suntikannya itu lho yang membuat merinding duluan, dengan jarum suntik yang panjangnya tidak lazim. Tapi ternyata tidak seberapa sakit ketika disuntikkan, menurut saya sih.. walau kata beberapa teman rasanya amat sangat menggigit. Tapi yang paling membuat saya terkesiap adalah kedua tangan saya diikat di sebuah palang. Gleek!! Apa pula ini?? Mungkin jika dilihat dari atas, posisi saya seperti penyaliban.

Dokter obsgyn saya masuk paling akhir setelah saya benar2x siap dan acara SC inipun dimulai. Oh iyaa.. dari pinggang ke bawah memang saya sudah kebas tidak dapat merasakan apa2x. Diiringi lagu klasik (entah apa, saya sudah tidak peduli) dokter Yenni berkata kepada rekan sejawatnya si dokter anestesi..
obsgyn: oke, dok.. kita coba yaa?
saya : (glek.. gleeekk. kenapa harus dicoba??)
anestesi: ready, dok.. bagus khok..
obsgyn: (bersenandung).. laaa..laa..laa..
saya : (gleekkk 1000x, komat-kamit berdoa, pasrah)

Saya bisa melihat pantulan perut saya dan apa yang dikerjakan di sana dari lampu operasi di atas saya. Untunglah minus saya parah, jadi tak jelas terlihat. Coba kalau saya benar2x bisa melihat dengan jelas.. mungkin lemes juga kali yaa.. walau sebenernya penasaran juga sih..

Gak lama berselang, mungkin sekitar 15 menit kemudian.. Inukpun dikeluarkan dari perut saya, dibersihkan, menangis dengan melengking, dan tak terkira rasa haru, bahagia, syukur saya padaNya-pun tumpah ruah.

******@@@@******

foto: Cembil umur 7 hari, akekahan..



Dan pengalaman SC kembali saya alami 4 tahun kemudian, dengan dokter obsgyn yang sama. Entah kenapa Cembilpun tak kunjung lahir ketika 2 hari saya sudah mulas tiada tara. Dan lagi-lagi tindakan SC tak dapat dihindarkan. Tetap saja saya deg-degan dan takut walau sudah ada pengalaman sebelumnya.

Sekarang, ketika Inuk dan Cembil sudah semakin besar dan dalam usia bertumbuh.. semoga pengalaman mamah ini bisa membuat kalian mengerti bahwa betapa bahagianya mamah memiliki kalian. Walau mamah selalu bertanya-tanya.. kenapa sih kalian suka lewat jalan pintas? hehehe..

5 comments:

bavarian bastard said...

sbenernya bukan jalan pintas gan.., jalan alternatif..., nice post gan....:-)

CeNuk said...

hehehe.. jadi maluu.. dibaca agan neeh.. :P
iyah gan, cuma istilah eike aja seh.. nyang penting sebenernya semua sehat n selamat.. bukan begitu, gan? :D

bavarian bastard said...

yup betul ..., yg penting selamat dan sehat tak kurang suatu apa pun..., salam untuk keluarga gan..:D

felicity said...

Seru dan deg2xan bacanya... Perjuangan seorang ibu... Di sini jarang banget gw denger yang pake operasi cesar pas ngelahirin... sebisa mungkin diusahakan oleh dokter secara natural... Gw malah kepikiran pengen cesar aja kalo ngelahirin, biar praktis...hehe :D

CeNuk said...

agan.. sip deh, semoga suatu saat agan bisa ikut merasakan yaa, maksute bukan merasakan di-SC.. hehehe, tp ngerasain nungguin yayang.. ;-)

feli.. hiikss, apa daya fel.. pengennya sih normal kayak Aga tp apa daya kondisi fisik gw kayaknya udah gak memungkinkan. hehhee, lo kayak lauren, fel.. temen di Malang dulu itu lho.. dia jg kekeuuh kepengen cesar walaupun gak ada apa2an.. emang gak sakit ngeluarinnya sih, tp pemulihannya yang lama. semoga cepet terealisasi ya fel.. :D

Post a Comment