chat box


ShoutMix chat widget

Sunday, April 25, 2010

mau gak mau, percaya juga!!

Saya adalah perempuan Jawa yang tinggal di Jakarta hingga saya lulus SMA . Walau para leluhur-leluhur dari leluhur saya semuanya Jawa, saya memang tidak seberapa percaya dengan keseluruhan keyakinan adat Jawa yang kadang buat saya sendiri ribet. Contohnya saja: Jika ingin pindah rumah, membenarkan rumah, nikah dan lain2x harus melalui perhitungan hingga mendapatkan tanggal dan hari yang baik. Atau hal2x tabu yang tidak diperbolehkan untuk kami (para kawula Jawa ini) lakukan dan segala persyaratan yang memang kadang tidak masuk di akal untuk saya.

Bagaimanapun juga, meski saya tidak seberapa paham, percaya dan setuju dengan segala hal mistis dan gaib yang kami (para kawula Jawa) yakini ini, saya harus menelan ludah saya ketika saya menjumpai hal-hal gaib dengan mata kepala saya sendiri ketika saya sudah tinggal di Surabaya.

Ketika saya lulus SMA, orangtua saya memutuskan untuk menghabiskan hidup tua mereka kembali ke kampung halaman, hingga sayapun harus tunduk dan patuh dengan keinginan mereka kuliah di daerah Jawa Timur juga. Beruntung saya bisa masuk sebuah PTN di daerah Malang. Singkatnya, ketika itu saya mulai bersentuhan dengan segala hal2x gaib mulai dari guna-guna, santet dan kiriman-kiriman mistis lainnya yang dialami oleh keluarga dekat kami.

Hingga persentuhan saya dengan hal2x gaib semakin dekat ketika saya menantikan kelahiran anak pertama saya yang ingin saya lahirkan di Surabaya. Ketika itu rumah kami di daerah Semolowaru adalah sebuah rumah kos2xan anak2x kuliah yang tinggal di rumah pavilion di belakang rumah utama. Entah karena ada yang tidak suka dengan usaha kami, atau karena ada sebab2x lainnya yang tidak kami ketahui, yang pasti kejadian2x aneh mulai terjadi di rumah kami ini.

Tiba2x di siang bolong kami mendengarkan suara kaki orang dan pintu menuju rumah kos2xan terbuka dan tertutup, walau kami tahu bahwa tak ada satupun anak kos yang berada di rumah karena mereka semua sedang berlibur ke rumah masing2x. Disusul dengan bau harum nan semerbak yang menyergap hidung kami, kadang bau minyak nyong2x (minyak yang baunya menyengat sekali itu lho) lain waktu ada bau kemenyan yang kami hirup, tapi gak jarang ada juga bau bangkai dan bau2x yang tak layak hirup. hehehee..

Jujur saja saya amat sangat takuutt ketika hal itu terjadi. Di siang hari bolong saja saya sudah ketakutan setengah mati jika tiba2x gangguan itu datang. Apalagi ketika malam menjelang, tiba2x saja kami dikejutkan oleh hujanan batu kerikil (kedengaran seperti itu) disusul dengan bau yang wangi atau tidak enak. Kalau rumah kami sudah terganggu seperti itu, biasanya saya langsung kecut, gak berani tidur sendiri dan ngintil kemanapun ibu saya pergi.. (huehehehe..)

Lain waktu saya mendapati orang terdekat saya tergila2x pada seseorang. Usut punya usut ternyata memang ada hal2x gaib yang melatarbelakangi ke-"tergila2x"nya itu. Atau ada juga orang terdekat saya yang mendadak sakit aneh. Saya tidak percaya dan tak mau percaya, tapi ketika saya dihadapkan pada kenyataan itu, saya gak bisa memungkirinya lagi.

Hingga sekarang ketika kami sudah pindah dari rumah di daerah Semolowaru ke rumah di daerah Sukomanunggal, ternyata dari cerita ibu dan adik saya.. rumah baru kami ini lebih parah dari rumah di Semolowaru dalam hal2x gaibnya. Di belakang rumah ada bekas petilasan yang diagung-agungkan warga sekitar (persis di balik tembok belakang rumah), hingga bau kemenyan setiap hari tercium ke rumah kami, dan pastinya kejadian2x gaib yang tak kalah menakutkannya (buat saya).. tapi untungnya ibu dan adik saya bernyali besar dengan tidak menggubris dan mengentengkan itu semua. Jika saya yang di posisi mereka.. saya pasti sudah menyerah.. pindah rumah!!!

2 comments:

felicity said...

Wahhhh.... susah kalo hal2x beginian yah... Antara percaya nggak percaya... Dulu di gedung kantor lama di sini jam 5 sore, tinggal gw sendirian, kecium bau bangke...padahal nggak ada sumber2x mencurigakan di sekitar sana... Halahhh.... ada2x aja...

Besoknya gw tanya bos (Norwegian), :"Di sini pernah ada kejadian2x aneh nggak?".... Dia sih bilang nggak, tapi heran karena pak Yusril waktu berkunjung ke sana sebelumnya pernah menayakan hal yang sama begitu... Nah loh...

CeNuk said...

suwer waktu gw di jakarta tuh gw kagak pernah tau begitu2an.. ternyata pas pindah sby, gw ngerti rupanya orang disantet, orang diguna2.. dan hal2x yg menyeramkan gitu..

jangan sampe deh tapi gw bisa ngeliat2 yg begitu2an.. hiiyy.. amit2x *getok2 meja*

Post a Comment